Thursday, August 3, 2017

Peninggi Badan Untuk Anak-anak Hingga Remaja

Theasianparent.com - Mungkin kita sering bertanya-tanya, adakah makanan peninggi badan yang bisa membantu pertumbuhan anak?

Tidak dapat dipungkiri bahwa tinggi badan sering menjadi sorotan dalam pergaulan. Anak yang tinggi cenderung lebih percaya diri.

Meski tinggi badan dipengaruhi faktor genetis, beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor eksternal seperti olahraga, tidur yang cukup, dan nutrisi yang tepat, dapat membantu anak agar tumbuh dengan maksimal.

Tubuh yang pendek juga bisa jadi adalah hasil dari pertumbuhan yang lambat karena gizi yang kurang memadai.  Untuk itu mengikuti pola makan yang seimbang sangat penting untuk meningkatkan prospek pertumbuhan.

Secara umum, tubuh memerlukan tiga jenis nutrisi ini untuk dapat membangun otot, ligamen, dan tendon yang kuat;

Protein


Ibarat bata bagi rumah, protein sangat penting untuk membentuk fondasi tubuh sehingga dapat membangun berbagai jaringan.

Protein mengandung asam amino yang dirancang untuk hormon pertumbuhan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, otot, jaringan, organ, kulit, dan gigi.

Kekurangan protein dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti kehilangan massa otot, pertumbuhan abnormal, sistem kekebalan tubuh lemah, dan perkembangan mental yang tidak memadai.

Mineral


Makanan yang mengandung mineral seperi magnesium, fosfor, fluoride, yodium, zat besi, dan mangan juga memainkan peran penting dalam meningkatkan tinggi badan dan pertumbuhan.

Sedangkan kalsium adalah mineral penting penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Minuman berkarbonasi (soda), garam berlebihan, gula, lemak dan kopi harus dibatasi karena merupakan inhibitor kalsium (menghambat pencernaan kalsium), sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan anak.

Vitamin


Vitamin D sangat penting untuk perkembangan tulang yang kuat dan sehat. Defisiensi vitamin D dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan dan tulang yang lemah. Selain itu, vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu penyerapan kalsium.

Terlepas dari vitamin D, vitamin lain seperti vitamin A, B11, B2 atau riboflavin, vitamin C dan vitamin F (fatty acid) juga diperlukan untuk pertumbuhan yang normal.

Berikut adalah 10 jenis makanan peninggi badan yang merupakan sumber-sumber protein, mineral dan vitamin di atas.

Sumber : Theasianparent.com

Post a Comment

Start typing and press Enter to search