Thursday, August 10, 2017

Benarkah Minum Susu Bisa Menambah Tinggi Badan

Hellosehat.comBanyak orang berpikir bahwa susu dapat menambah tinggi badan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi susu dapat meningkatkan tinggi badan. Seperti pada penelitian Wiley di Amerika pada tahun 2005, menunjukkan bahwa tinggi badan orang dewasa berhubungan positif dengan konsumsi susunya pada usia 5-12 dan 13-17, setelah mengontrol jenis kelamin, pendidikan, dan etnis. Energi, protein, kalsium, dan senyawa bioaktif IGF-1 dalam susu membantu untuk memfasilitasi pertumbuhan tulang.

Penelitian yang diterbitkan oleh American Society for Clinical Nutrition tahun 2004 juga menemukan bahwa konsumsi susu berhubungan dengan tinggi badan. Penelitian ini melibatkan 122 anak usia 9,5 yang diikuti perkembangannya selama 3 tahun. 122 anak ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang tinggi konsumsi susu sapi (>500 ml/hari) dan rendah konsumsi susu sapi (<500 ml/hari). Hasilnya adalah kelompok dengan konsumsi susu sapi tinggi mengalami kenaikan tinggi badan yang lebih banyak dibandingkan dengan  kelompok dengan konsumsi susu sapi rendah selama 3 tahun.

Kandungan kalsium dalam susu mempunyai peran penting dalam pembentukkan dan pertumbuhan tulang. Selain itu, insulin-like growth factor-1 (IGF-1) yang terkandung dalam susu juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan tulang. IGF-1 ini ditemukan dalam kadar yang lebih tinggi dalam susu sapi daripada dalam ASI atau Air Susu Ibu. Jadi, kalsium dan senyawa bioaktif IGF-1 dalam susu mempunyai peran dalam pertumbuhan tinggi badan seseorang.

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa susu merupakan salah satu sumber zat gizi penting yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada masa pubertas, selain berperan untuk mendukung pertumbuhan, susu juga berperan dalam mencapai massa tulang optimal guna mencegah terjadinya osteoporosis pada hari tua.

Namun, hubungan antara konsumsi susu dengan tinggi badan masih menjadi perdebatan para ahli. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan yang lemah antara konsumsi susu dengan tinggi badan. Seperti pada penelitian Rogers dan kawan-kawannya di Inggris yang menunjukkan bahwa konsumsi susu sapi pada anak perempuan usia 7-8 tahun tidak berhubungan dengan tinggi badannya.

Memang banyak faktor yang mempengaruhi pencapaian tinggi badan seseorang. Selain faktor gizi, faktor keturunan juga sangat berpengaruh pada tinggi badan seseorang. Susu mungkin dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan seseorang, tetapi bukan menjadi satu-satunya faktor penentu.

Jika Anda ingin meningkatkan tinggi badan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk memperbanyak konsumsi susu  pada masa pubertas. Karena setelah masa pubertas, peningkatan tinggi badan akan semakin menurun dan kemudian akan berhenti saat memasuki usia dewasa. Selain konsumsi susu, konsumsi makanan lain yang mengandung berbagai sumber zat gizi juga diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan. Tambahkan dengan aktivitas fisik dan pola tidur teratur untuk memperoleh kesehatan tubuh yang optimal.

Sumber : Hellosehat.com

Post a Comment

Start typing and press Enter to search