Friday, August 11, 2017

Tinggi Badan Tidak Bertambah

Alodokter.comPada tulang terdapat lempeng epifisis yang merupakan pusat penumbuhan tulang. Penambahan tinggi badan disebabkan oleh pemanjangan pada tulang yang lempeng epifisisnya masih belum menutup. Saat lempeng epifisis masih terbuka maka pertumbuhan tinggi badan berlangsung cepat, sedangkan bila sudah semakin menutup maka pertumbuhan tinggi badan semakin melambat. Penutupan lempeng epifisis pada pria terjadi di usia antara 17-23 tahun, sangat bervariasi antara tiap orang. Beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan antara lain:

  • Genetik atau bakat dari orang tua
  • Ras
  • Gizi dan aktivitas fisik saat masa pertumbuhan.

Terkadang seseorang dapat tumbuh lebih cepat pada usia tertentu dan selanjutnya berhenti, sedangkan yang lainnya tumbuh lebih cepat di usia yang lebih tua, ini merupakan variasi individu. Saat ini usia Anda masih 17 tahun, ada kemungkinan Anda masih dapat bertambah tinggi walaupun sedikit, ini kembali lagi pada lempeng epifisis tadi, bila belum menutup sempurna maka masih ada kemungkinan untuk tumbuh tinggi. Untuk memaksimalkannya yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Rutin berolahraga seperti renang, lari pagi, bermain basket
  • Makan makanan bergizi seperti buah dan sayuran

Bila kedua orang tua tidak bertubuh tinggi maka kemungkinan besar Anda juga tidak bertubuh tinggi. Informasi dan diskusi terkait dapat Anda ikuti pada tautan berikut: Cara menambah tinggi badan yang sebenarnya. Cara cepat menambah tinggi badan. Semoga membantu ya.

Sumber : Alodokter.com

Post a Comment

Start typing and press Enter to search