Sunday, August 6, 2017

Pertumbuhan Tulang Rawan

Kompas.com - Umumnya, pada wanita lebih dahulu mencapai pertumbuhan maksimal yang didapatkan sebelum terjadi menstruasi. Pertumbuhan tulang sendiri baik, tulang lengan dan kaki, biasanya didapatkan maksimal sekitar usia 15-20 tahun. Lebih dari usia itu, biasanya sudah sulit untuk terjadi pertumbuhan tinggi badan lebih lanjut.

Mengenai masalah stretching yang bisa menyebabkan pertumbuhan tulang punggung dan menambah tinggi badan, saya belum pernah menemukan teori atau jurnal ilmiah yang mengonfirmasikan hal tersebut. Tetapi memang beberapa kali diulas mengenai densitas atau kepadatan tulang yang berkurang bila melakukan stretching. Untuk hal tersebut, yang masih saya ragukan apakah benar atau tidak tubuh bertambah tinggi bila hanya dengan stretching.

Menyoal pemakaian kalsium sebagai salah satu suplemen, memang sering disarankan. Akan tetapi, bukan berarti bahwa adanya asupan kalsium akan menyebabkan tulang bertumbuh secara cepat. Kembali lagi, faktor gentika juga sangat berperan di dalamnya. Selain itu, beberapa hal akan berpengaruh dalam pertumbuhan tulang seperti peranan hormon endokrin, mineral lainnya, vitamin D, nutrisi yang cukup, aktivitas fisik , dan banyak faktor lain yang berperan dalam pertumbuhan. Semoga jawaban saya bisa membantu.

Sumber : Kompas.com

Post a Comment

Start typing and press Enter to search