Friday, August 11, 2017

Tinggi Badan Saya Bertambah Terus

Tanyadok.comSebelumnya mari kita bahas satu persatu tentang pertumbuhan tinggi manusia. Tentu sejak lahir, dari hari ke hari, tubuh kita bertumbuh semakin tinggi, namun pertumbuhan tersebut semakin cepat saat kita memasuki masa pubertas, sekitar usia 12 – 13 tahun, dan perlahan menurun dan berhenti setelah usai masa pubertas (sekitar usia 21 – 25 tahun), tentu tergantung juga dari kapan menutupnya cakram pertumbuhan pada tulang kita.

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi adalah kadar hormon pertumbuhan dalam tubuh kita, dimana berfungsi untuk menebalkan dan memanjangkan tulang kita, hormon ini diproduksi saat kita tidur terlelap dalam suasana tenang dan nyaman, tentu bukan tidur berlebihan atau tidur yang kurang. Seorang remaja disarankan tidur 6 – 8 jam sehari selama masa pubertasnya, demi mencapai pertumbuhan tinggi badannya yang ideal.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah olahraga minimal 30 menit sehari, juga dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan ini, olahraga yang disarankan adalah cardio, seperti berlari, berenang, dan bersepeda, menurut penelitian, meregangkan otot (stretching) 2 jam sebelum tidur juga memberikan hasil signifikan dalam pertumbuhan tulang.

Anda tentu masih dapat bertambah tinggi lagi, dilihat dari usia anda. Apabila anda tidak ingin bertambah tinggi lagi, coba konsultasikan dahulu ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Sumber : Tanyadok.com

Post a Comment

Start typing and press Enter to search